Kamis, 11 Maret 2010

manfaat mempelajariilmu budaya dasar

Apa siy ILMU BUDAYA DASAR itu ??

Kita bisa menyimpulkan ilmu budaya dasar meruapakan ilmu yang mempelajari tentang nilai-nilai ataupun aspek budaya dari berbagai macam sisi maupun pandangan diri kita namun tidak hanya itu ilmu budaya dasar tidak dapat dipandang sebelah mata tergantung dari kaca mata mana kalian melihat. Dimana dalam ilmu budaya dasar itu sendiri memiliki beraneka ragam cara pandang seseorang tentang apa yang mereka lihat, mereka rasa, maupun apa yang mereka dengar. Semua menjadi suatu ulasan yang mendasari dimana terciptanya ilmu budaya dasar tersebut.
Kalian pasti akan bertanya apa siy manfaat yang kita dapat jika kita mempelajari ILMU BUDAYA DASAR itu sendiri ??
Tahukah kalian bahwa bangsa kita merupakan bangsa yang sangat besar, bangsa yang memiliki beraneka ragam suku bangsa, bahasa, maupun agama yang berbeda beda. Namun dibalik itu semua kita semua memiliki banyak sekali perbedaan yang mendasari latar belakang seseorang tersebut sehingga dimana perbedaan itu memiliki nilai budaya tersendiri dalam kehidupan kita sehari-hari.
Dengan kata lain kita mempelajari Ilmu Budaya Dasar adalah untuk :

• Meningkatkan motivasi kita sebagai generasi penerus untuk lebih menjaga, serta melesatarikan budaya bangsa kita.
• Memberikan pandangan luas kepada generasi penerus tentang berbagai macam masalah manusia yang berhubungan dengan budaya kita sendiri.
• Menanamkan jiwa kepedulian terhadap berbagai macam aspek kehidupan.

ILMU BUDAYA DASAR itu sendiri terbagi menjadi 3 yaitu :

• ILMU SOSIAL
Adalah suatu ilmu yang memepelajari tentang bagaimana suatu mahluk hidup dapat bersosialisasi atau saling berhubungan antara satu sama lain.
• ILMU ALAMIAH
Adalah suatu ilmu yang memperlajari tentang bagaimana menyimpulkan atau menganalisa suatu permasalahan yang ada.
• ILMU BUDAYA
Adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang bagaimana suatu budaya tersebut bisa tercipta, dan bagaimana budaya tersebut bisa berkembang dalam kehidupan kita.

Tahukah kalian apa yang membedakan ILMU BUDAYA DASAR dengan ILMU PENGETAHUAN BUDAYA ?

Perbedannya adalah dimana pada Ilmu budaya dasar kita mempelajari tentang suatu ilmu yang memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Sedangkan pada ilmu pengetahuan dasar yang kita pelajari adalah cara untuk memahami atau mengartikan seseuatu yang terjadi dari peristiwa tentang bagaimana budaya itu bisa terjadi.

Namun pada hakikatnya semua itu memiliki pengertian yang sama yaitu ilmu yang mempelajari berbagai macam aspek kehidupan serta berbagai macam teori-teori ataupun pandangan seseorang tentang bagaimana mereka melihat bagaimana menyikapi ilmu budaya tersebut.

Ruang Lingkup ILMU BUDAYA DASAR…
Berbagai macam aspek kehidupan merupakan pandangan keseluruhan yang merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the humanities), baik dari segi manapun manusia itu memandang dang mengartikannya didalam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan (antar bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuaaan budaya.


sumber : http://nchoncho.blogspot.com/2010/02/tahukah-kamu-apa-itu-ilmu-budaya-dasar.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar